Jumat, 18 Januari 2013

SENIMAN DAN GUBERNUR JATIM

PENGHARGAAN SENI GUBERNUR JATIM 2012
                Lampu-lampu panggung di pelataran Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan itu saling-silang menyinari langit malam itu. Suasana begitu meriah, penonton memadati amphitheatre yang akan menyaksikan pergelaran sendratari STKW Surabaya berjudul “Raden Wijaya Winisuda” . Warna lampu yang berganti warna-warni membuat suasana kian tampak indah. Langit memang agak mendung, dan ada juga gerimis tipis, ketika acara baru saja melangkah kidungannya Cak Agus Kuprit. Tapi selanjutnya cuaca terang dan acara berlangsung sukses!
            Malam itu, 8 Desember 2012, adalah 'Malam Penghargaan Seniman Jawa Timur 2012' yang mendapatkan hadiah dari Gubernur Jawa Timur. Ada pun penerima hadiah gubernur ini terbagi atas Penghargaan Seniman Berprestasi: Tengsoe Tjahjono – Kota Malang (Bidang Sastra), Subari Sofjan- Banyuwangi (Bidang Tari), Joni Ramlan – Kabupaten Mojokerto (Seni Rupa), Sumantri – Kota Malang (Bidang Musik), HM Yuwono – Kota Surabaya (Bidang Film), dan Alm. Ki Suleman – Kabupaten Pasuruan (Bidang Teater/Dalang). Untuk bidang Penghargaan Tokoh Berdedikasi terpilih: Lan Fang – Kabupaten Sidoarjo (Sastra), Nasrul 'Illah – Jombang (Pelestari Budaya), Sri Utami – Kabupaten Blitar (Tari), dan Alm. Markasan – Kota Surabaya (Musik Keroncong).Sedangkan penerima hadiah gubernur bidang Lembaga Peduli Seni Budaya, adalah Bengkel Muda Surabaya, Gallery Emmitan, H. Winarno/PT Karya Indah Buana; semuanya dari kota Surabaya. 

             Malam itu adalah malam yang membanggakan bagi penerima hadiah Penghargaan Seniman Berprestasi dan Penghargaan Tokoh Berdedikasi se-Jawa Timur 2012, yang masing-masing mendapatkan piagam, dan dana uang Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah). Selamat kepada seluruh penerima hadiah, berkreativitas kian bernas, dan berkarya kian banyak jumlahnya. 
            Lampu-lampu telah mati, acara telah berhenti. Malam kian bertambah malam. Tapi karya seni terus harus dibuat lebih banyak, lebih baik, dan lebih apik. Salam!(mat).
               

 Tengsoe Tjahjono, salah satu seniman penerima hadiah Penghargaan Seni Gubernur Jawa Timur 2012. (foto: mat)

Tidak ada komentar: