Kamis, 31 Januari 2013

JUARA LOMBA CERKAK YAYASAN KARMEL MALANG


JUARA LOMBA CERKAK
YAYASAN KARMEL  MALANG ITU
PEREMPUAN, SEORANG DOKTER HEWAN

                Dalam rangka memeringati ulang tahun ke-87, Yayasan Karmel Keuskupan Malang, menyelenggarakan Lomba Menulis Cerita Cekak (Cerkak) dan Geguritan. Kegiatan yang bekerja sama dengan Majalah ‘Jaya Baya’ Surabaya ini, diikuti oleh sekitar  115 naskah guritan, dan 47 naskah cerkak yang  masuk kepada panitia lomba.
            Peserta yang mengikuti lomba ini, berasal dari berbagai daerah yaitu  dari wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka itu, sebagian besar dari Jawa Timur yang berada di  wilayah Mataraman, seperti: Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Blitar, Madiun, Ponorogo, dan Ngawi. Meski ada juga yang berasal dari wilayah pesisiran seperti Bojonegoro, dan kota Malang.  Sedangkan dari Jawa Tengah, tercatat berasal dari: Wonogiri, Magelang, dan Yogyakarta.
            Menurut keterangan Albertus Hari Prasetya, koordinator lomba dikatakan bahwa, setelah melalui penjurian yang berdasarkan aspek orisinalitas, bahan, bentuk ekspresi, dan kekuatan tema dalam penulisannya, maka dipilih  masing-masing kategori  sebanyak 6 juara lomba. Hari Prasetya menjelaskan 6 juara cerkak, dan 6 juara geguritan, tersebut adalah:
           
             Naskah cerita cekak dengan judul ‘Tembok Sing Durung Dicet’ karya drh. Cahyarini Budiarti (Madiun); sebagai juara pertama. Juara II dan III, diraih ‘Simbok’ karya Hamid Nuri (Yogyakarta), dan ‘Aspal’ karya Alfonsus Aris Purnomo (Wonogiri). Sedangkan juara harapan I, II, dan III cerita cekak, diraih: ‘Ratri’ - Sumono Sandy Asmoro (Ponorogo), ’ Tamperan Dadi Seksi’ – JFX Hoery (Bojonegoro), dan ‘Kepala Sekolah’ – Parno (Wonogiri).
            Sementara itu naskah geguritan yang berhasil memenangkan juara adalah:
‘Bapak Mlesat Ing Awiyat’ karya Harwimuka (Blitar), juara II dan III, yaitu ‘Yagene Kekudhung Warana’- Cindelaras (Tulungagung), ‘Anakmu Lanang Mung Wayang’ – Sumono Sandy Asmoro (Ponorogo). Juara harapan I, II dan III; masing-masing diraih ‘Garengpung’ – M. Krisnu Setio D (Malang), “Dluwang Sak Suwek’  - Triman Laksana (Magelang), dan ‘Suhing Leluhur’ – JFX Hoery (Bojonegoro).

            Pembagian hadiah dilaksanakan pada puncak acara HUT Yayasan Karmel Malang, 27 Januari 2013, yang diserahkan oleh Rama B. Hudiyono PR di kantor pusatnya, Yayasan Karmel Keuskupan Malang, Jalan Songgoriti 28 Malang.
            Menurut panitia lomba, naskah-naskah pemenang lomba akan dibukukan oleh Yayasan Karmel Malang.
Menurut keterangan salah satu    dewan juri yang juga redaktur Majalah Jaya Baya, Widodo Basuki, bahwa para pemenang lomba kebanyakan adalah para penulis yang pernah mengirimkan karya di majalahnya. Sedangkan menurut ketua dewan juri, karya cerkak mereka,  lebih   banyak yang diperanguhi cerita-cerita dalam sinetron. Demikian kata, Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd. menambahkan. Lebih lanjut Tengsoe menandaskan, bahwa mereka kurang bagus dalam membuat ending, mengakhiri dalam cerita- ceritanya. (aa).







Tidak ada komentar: