Jumat, 25 Januari 2013

SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI, JUARA


SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
Juara Robot Internasional di Kuala Lumpur
            Beberapa bulan lalu, tepatnya 24 s.d. 26 Februari 2012, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Ngawi, menyelenggarakan Olimpiade Pelajar Muhammadiyah se-Kabupaten Ngawi. Baik itu tingkat SD/MI, SMP, dan SMA. Dari 16 cabang dipertandingkan, di antaranya adalah robotika. Untuk jenis olimpiade lomba robotika ini, diraih oleh anak-anak siswa SD Muhammadiyah 1 Ngawi, dengan mendapatkan juara I dan II. Siswanya adalah: Erizala Zaninda DU dan Faizal Ahmad Dena, serta AXL Raihan Prasetyo dan Diwanda Fauzan Najib.
            Sementara itu, SD Muhammadiyah 1 Ngawi, tidak hanya menang di kandangnya sendiri. Baru-baru ini, mereka mengikuti Kompetisi Robot International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) 2012, 24 sampai 27 Mei di National Science Centre, Kuala Lumpur, Malaysia. Kelompok mereka memenangkan juara I kompetisi tersebut. Mereka itu, terdiri siswa bernama: Arell Firman Saputra, Erizal Zaininda Denta Utama, dan Wahida Amelia Usmaydia. Mereka bertiga menggondol gold medal  (juara I) untuk jenis lomba robot sumo.
            Pendiri Grup Robot Indonesia, Adiatmo Rahardi mengatakan, “Sebenarnya kami juga mengundang peserta dari negara lain seperti Mesir, Brunei Darussalam ataupun Turki. Namun karena keterbatasan waktu, mereka tidak bisa mengirimkan perwakilan-nya. Semoga dalam penyelenggaraan berikutnya mereka bisa ikut,” harapnya.
            Masih dari SD Muhammadiyah 1 Ngawi, kelompok lainnya, masih di ajang IISRO 2012 Malaysia, adalah siswa: Erizal Zaininda KDenta Utama dan Wahida Amelia Usmaydia; juga meraih medali silver medal (juara II) pada lomba robot jenis: robot run primary.
            Sungguh ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi sekolah kami, kata Salimoel Amien, mantan Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Hal ini,  sekaligus akan memacu kreativitas bagi siswa-siswa yang lain untuk selalu berlajar dan belajar, serta tanpa melupakan untuk selalu berdoa. Amin. * (mat)